Selasa, 24 April 2018

Peluncuran Koleksi Perhiasan Nusantara The PALACE Jeweler X Sammuel Wattimena

Peluncuran Koleksi Perhiasan Nusantara The PALACE Jeweler X Sammuel Wattimena

Assalamu'alaikum Beauty.....

Pada 19 April 2018 lalu saya menghadiri acara peluncuran koleksi perhiasan "Nusantara" oleh The Palace Jeweler yang berkolaborasi dengan designer Indonesia Samuel Wattimena di The Dharmawangsa Hotel, Jakarta. Acara peluncuran tersebut mayoritas di hadiri oleh rekan-rekan media, pihak-pihak The Palace dan bloggers, selain itu ada Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan - Puan Maharani yang memberikan sambutan. Koleksi perhiasan Nusantara merupakan koleksi perhiasan yang terinspirasi dari perhiasan tradisional Indonesia yang mewakili wilayah Indonesia Bagian Barat, Tengah dan Timur.

Sekilas mengenai The Palace Jeweler

The Palace Jeweler adalah perusahaan retail perhiasan di bawah naungan PT. Central Mega Kencana -perusahan perhiasan terbesar di Indonesia-, yang juga menaungi merk retail perhiasan ternama seperti Frank&Co., Mondial Jeweler dan Miss Mondial Jeweler. The Palace Jeweler memiliki slogan "National Jeweler" yang mengusung visi The Palace sebagai retail perhiasan kebanggaan di Indonesia. Sebagai salah satu wujud kecintaan The Palace Jeweler untuk melestarikan budaya Indonesia, The Palace sebelumnya telah meluncurkan koleksi perhiasan yang kerjasama dengan perancang busana Indonesia yakni Anne Avantie untuk koleksi KEKASEH dan Samuel Wattimena untuk Koleksi Seri Nusa. Koleksi perhiasan Nusantara yang juga bekerja sama dengan Samuel Wattimena merupakan kelanjutan dari Seri Nusa yang sebelumnya telah di luncurkan Mei 2017 lalu.

Petronella Soan - COO PT. Central Mega Kencana

Koleksi Perhiasan Nusantara merupakan langkah awal bagi masyarakat Indonesia untuk mengeksplorasi kekayaan perhiasan Indonesia dan mengenakannya sebagai identitas bangsa. Perhiasan Indonesia diharapkan dapat menjadi tuan rumah di negeri sendiri seperti halnya batik, angklung dan keris yang telah diakui UNESCO.

Jelita Setifa - General Manager The Palace

Jelita Setifa selaku General Manager The Palace menuturkan, "Melalui koleksi ini, kami mengajak masyarakat untuk menggali kekayaan perhiasan yang dimiliki Indonesia dan mulai mengenakan perhiasan Indonesia sebagai bentuk identitas bangsa. Terdapat total 86 jenis perhiasan pada seluruh Koleksi Perhiasan Nusantara yang terdiri dari gelang, cincin, anting-anting, dan kalung dari emas dan berlian, dengan kadar emas yang tepat dan pilihan berlian dengan kualitas yang beragam. Kami harap pemakai perhiasan Koleksi Perhiasan Nusantara dapat merasakan esensi budaya Indonesia yang kaya, indah dan menawan.”


Sambutan Puan Maharani - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan

Ibu Puan Maharani mengapresiasi langkah The Palace dalam mempopulerkan perhiasan berciri khas Indonesia, beliau mengatakan bahwa produk–produk budaya Indonesia sangat kaya dan tersebar di penjuru tanah air dan merupakan suatu warisan budaya yang patut kita lestarikan, di kelola secara tepat, serta berkelanjutan. Seperti halnya batik yang kini sudah menjadi identitas Bangsa Indonesia, diharapkan perhiasan Indonesia dapat menjadi salah satunya. Ibu Puan Maharani dalam sambutannya menambahkan "Saya harap masyarakat Indonesia semakin menyadari bahwa perhiasan tradisional merupakan satu produk budaya Indonesia yang perlu kita jaga sebagai warisan budaya dan dapat kita kembangkan . Oleh karena itu, saya mengajak masyarakat untuk menjadi duta perhiasan Indonesia dengan menggunakan perhiasan berciri nusantara dalam acara keseharian, tidak hanya digunakan sebatas pada acara adat.”

Samuel Wattimena – Perancang Busana Senior Indonesia yang memiliki kepedulian tinggi terhadap budaya nusantara, menjelaskan, “Kekayaan budaya Indonesia selalu menjadi latar belakang saya dalam berkarya. Oleh karena itu, saya mendukung The Palace Jeweler yang menginisiasi penggunaan perhiasan Indonesia dan diwujudkan dalam bentuk Koleksi Perhiasan Nusantara.” Ia juga menjelaskan bahwa dalam mendesain koleksi perhiasan Nusantara terinspirasi keindahan berbagai perhiasan tradisional yang ada di Indonesia, koleksinya terbagi dalam Seri Nusa, Seri Anta dan Seri Tara.

Samuel Wattimena – Perancang Busana Senior Indonesia

Seri Nusa yang berartikan rangkaian kepulauan, terinspirasi dari perhiasan pending yaitu bentuk perhiasan yang biasa dipakai masyarakat peranakan di Sumatra dan Jawa. Seri Anta yang berartikan angan-angan seseorang, terinspirasi dari siluet perhiasan Mamuli, Taka dan Marangga dari daerah Sumba. Seri Tara yang berartikan perempuan dengan kebebasan jiwa dan menyatakan keberhasilan juga prestasi hidup yang sejati, terinspirasi dari siluet perhiasan tradisional di daerah Maluku Utara dan Maluku Timur yaitu Mas Bulan Base, Belak dan Pepek Soriti.

Berturut-turut Seri Nusa, Seri Anta dan Seri Tara.

Samuel mengakui bahwa dalam prosesnya, ia tidak melakukan riset langsung ke lokasi melainkan book literasi saja karena perhiasan tersebut sekarang sudah jarang sekali yang punya atau dijadikan benda pusaka yang mana untuk melihtnya saja perlu ada syarat yang harus dipenuhi. Jadi dari bentuk yang asli ia mencoba pendekatan terhadap siluetnya untuk di desain agar mudah di cerna untuk generasi muda. Samuel mengungkapkan "Saat ini ruang untuk para creator sky is the limit karena dari satu dua jenis saja sudah bisa di buat sedemikian rupa, apalagi jika di explore untuk jenis dan tempat lain."

Target utama koleksi ini memang generasi muda yang saat ini belum familiar dengan perhiasan tradisional, “Kita ingin masuk ke generasi sekarang, pendekatan paling mudah adalah dengan menciptakan siluet, jadi kita buat ringan dan modern. Perhiasan ini juga bisa masuk ke model baju mana saja seperti kebaya, dress, baju muslim dan cocok untuk ke occasion apapun misalnya ke kantor, jala-jalan, acara special dan lain-lain. Semua bisa di mix and match dengan mudah karena pilihannya cukup banyak dan bervariasi” jelas Samuel. Melalui koleksi ini, Samuel mengajak masyarakat terutama generasi muda untuk menyaksikan keindahan dan kisah dari kekayaan perhiasan tradisional Indonesia dengan nafas modern.

Demo Koleksi Perhiasan Nusantara oleh Model 

Dari mulai persiapan, desain hingga proses pembuatan koeksi ini memerlukan waktu dua tahun, sketsa dari Samuel di sinkronisasi secara rutin dengan tim produksi dan pembuatannya dilakukan secara modern menggunakan mesin yang bahannya adalah emas, berlian dan zirkonia. Setelah cetakannya sudah tersedia, proses pembuatannya hanya memakan waktu dua atau tiga bulan tergantung tingkat kesulitan dan dimensinya.

Acara terakhir yaitu peresmian peluncuran koleksi perhiasan Nusantara, yang diresmikan oleh PT. Central Mega Kencana, segenap pihak The Palace Jeweler, Samuel Wattimena dan Ibu Puan Maharani. Selanjutnya berfoto bersama dan di abadikan oleh rekan media dan yang lainnya.

Peresmian Koleksi Perhiasan Nusantara

Koleksi Perhiasan Nusantara dapat dipesan secara khusus mulai dari sekarang di outlet The Palace Jeweler. Koleksi Perhiasan Nusantara akan tersedia di 12 toko The Palace Jeweler di Indonesia dan juga didistribusikan di lebih dari 50 outlet Frank&Co, Mondial dan Miss Mondial mulai dari bulan April 2018. Harganya di banderol dari Rp. 4.340.000,- hingga Rp. 211.300.000,-.

Dari dulu saya memimpikan untuk mempunyai berlian, satu cincin berlian yang minimalis menghiasi jemari pasti akan terlihat cantik. Biasanya saya melihat perhiasan berlian yang di pajang di etalase toko di mall-mall dari kejauhan, karena harganya belum bisa terjangkau untuk saya. Melihat secara langsung koleksi perhiasan yang di rancang oleh desainer dan mengetahui makna yang terkandung di baliknya membuat saya bangga dan turut mempunyai rasa memiliki bahwa nantinya ini akan menjadi warisan budaya Indonesia. Saya berkesempatan mencoba salah satu cincin yang paling saya sukai di antara koleksinya, yaitu cincin Seri Tara. Modelnya sangat mewah dan eye catching, mungkin agak terlalu besar menurut personal preferense saya untuk dipakai sehari-hari, tapi saya akan sangat menyukainya untuk acara special. Suatu saat saya akan membelinya, karena selain terlihat cantik kan juga sebagai bentuk investasi. Semoga terbeli secepatnya yaa, aamiin :)

Nusantara Collection, Cincin Seri Tara

Kalo kalian suka perhiasan yang tipenya yang bagaimana untuk mempercantik tampilan keseluruhan, atau adakah perhiasan yang selalu di mimpikan dari lama, Share yuk di kolom komentar alasannya dan manfaat investasinya cukup menguntungkan atau tidak nih...

See you on my next post (^^)

Always be You, be Nice and Stay Positif
Love Eccy_marrafa.. :*

Conect with me:
Name. Deci Siti Nurhalimah
Email : lucymarrafa@gmail.com
Instagram : @eccy_marrafa
Twitter : @marrafa_eccy
Youtube : eccy_marafa 


   







2 komentar:

  1. Tulisannya cukup bagus. Semoga tulisannya makin keren kakak

    BalasHapus
  2. Koleksi perhiasannya bagus, mewah dan unik.

    BalasHapus