Sabtu, 10 Desember 2016

[Tips&Trik] Memulai nge-blog dengan Smartphone

Dunia digital sekarang sudah semakin canggih, kebutuhan akan informasi pun juga ikut meningkat seiring dengan kemajuan teknologi informasi.. Kita bisa dengan mudah mencari sesuatu dari internet dengan mengetik kata kunci yang diinginkan lalu beragam informasi terkait pun bermunculan. Salah satu platform bernama Blog menjadi salah satu media informasi tersebut.

Sejak dikenalnya Blog di Indonesia sebagai salah satu media informasi yang digunakan di dunia maya. Kegiatan blogging pun semakin populer, ditambah lagi dengan maraknya komunitas-komunitas blogger di Indonesia. Blog bukan hanya sebagai tumpahan kisah suka dan duka pengalaman seseorang (diary), namun Blog berkembang menjadi sebuah media informasi (tempat berbagi opini,inspirasi dan informasi),aktivitas sosial-kemasyarakatan, bahkan sebagai media komersial.

Di Blog kita tidak hanya bisa mendapatkan informasi saja, tapi kita juga bisa berbagi mengenai apapun yang kita ketahui yang disampaikan dalam bentuk tulisan. Selain bermanfaat untuk orang lain, dengan berbagi kita juga bisa membangun jaringan dengan banyaknya pengunjung yang juga mempunyai hobi yang sama.

Well diantara kalian mungkin ada yang tertarik untuk sharing mengenai informasi, hobi, pengalaman dll tetapi bingung harus mulai dari mana dan menggunakan apa saja... ???

Nah di post kali ini aku mau berbagi sedikit pengalaman aku memulai blogging dengan memanfaatkan hal yang kita punya yaitu smartphone. Di zaman sekarang smartphone sudah menjadi kebutuhan yang menjadikan setiap orang memilikinya, dengan beragamnya smartphone yang ditawarkan dipasaran mulai dari yang terjangkau hinga yang canggih. Selain untuk eksis di media sosial, yuk kita manfaatkan smartphone kita untuk berkarya dan menyalurkan kreativitas maupun inspirasi dengan blogging. Simak sampai akhir yaa...

Memulai blogging memang bukanlah hal yang gampang namun tentu tidak sulit ya, karena bisa dipelajari dari berbagai sumber terutama jika sudah mempunyai kemampuan menulis atau sekedar menyalurkan hobi. Berikut tips dan trik memulai blogging dengan memaksimalkan smartphone.
  1. Hal pertama yang harus diperhatikan tentu kalian harus membuat akun blog, untuk pemula saya sarankan membuat akun di Blogger.com , karena sangat mudah untuk digunakan.
  2. Tentukan topik apa yang akan kalian tulis, misalnya tentang beauty, fashion, travel, food dan lain2. Lebih baik lagi pilihlah topik yang benar-benar kalian minati dan sesuai dengan hobi atau keahlian yang dimiliki.Dengan begitu akan memudahkan ketika mencari ide tulisan dan akan lebih bersemangat untuk menjalaninya. Di blog ini aku memilih topik tentang beauty dan lifestyle.
  3. Dengan smartphone yang kita miliki, gunakanlah aplikasi kamera untuk mengumpulkan bahan dengan mengambil foto objek atau bahkan merekamnya dalam bentuk video. 
Kamera untuk Foto dan Video
  •  4. Aplikasi Note bisa digunakan sebagai alternatif untuk catatan kecil mengenai hal apa saja yang akan disampaikan atau ketika terinspirasi mendapat kalimat yang bagus. Sehingga ketika menulis di blog menjadi lebih terstruktur dan tidak hilang fokus utamanya.
Aplikasi Note
  •  5. Instal aplikasi editing foto dan video yang diperlukan yang menurut kalian bagus atau yang sesuai dengan preperensi masing-masing. Aku memakai Aviary, Photo Grid dan viva video karena menurutku cukup mudah untuk digunakan.
Edit foto melalui Aviary

Edit video melalui Viva Video
  • 6. Masukan akun google ke Blogger.com dan mulailah membuat tulisan yang akan kalian pubikasikan di Blog, dan sisipkan beberapa foto atau video jika diperlukan. Dan publikasikan tulisan kamu... :)
Entri post dan publikasikan



  • 7. Share tulisan ke social media agar teman-teman kamu berkunjung dan dapat melihat tulisan yang kamu publikasikan ke akun Blog-mu yaa.. :)
Share post


  •  8. Well done kamu berhasil ngeblog dengan memaksimalkan smartphone
  • 9. Nah ini yang paling penting,  usahakan untuk konsisten dan tingkatkan kualitas post kalian yaa,,,
Disini aku mau rekomendasiin smartphone yang dapat memudahkan kalian sebagai blogger, yaitu Samsung Galaxy J5 dan J7.


Keunggulan Samsung Galaxy J5 dan J7 dalam kehidupan sehari-hari sebagai blogger :
  • Tampilan kokoh yang mendukung penampilannya. Samsung Galaxy J5 dan J7 (2016) dengan bingkai logam yang terintegrasi pada bodinya memberikan kekuatan tak mudah terkelupas dan tahan lama. Dengan tampilan yang kokoh dan tampak begitu stylist ini kamu tidak perlu khawatir untuk tidak membeli handphone dalam waktu dekat.
www.samsung.com
  • Performa Samsung Galaxy J5 dan J7 sangat tangguh dengan mesin atau prosesor yang canggih. Samsung Galaxy J5 dengan prosesor QuadCore 1,2 GHz dan Galaxy J7 berprosesor OctaCore 1.6 GHz. Aktivitas akan tetap lancar karena bisa multi-tasking dapat membuka beberapa aplikasi dalam waktu bersamaan.
  • Seorang blogger lebih baik memiliki perangkat kamera yang menghasilkan foto yang bagus. kamera Samsung Galaxy J5 dan J7 asil foto yang baik, apalagi dukungan kamera belakang 13 MP dan kamera depan 5 MP untuk J5 dan 8 MP untuk kamera depan J7. Dengan adanya LED flash di kamera depan memberikan  hasil selfie Samsung Galaxy J5 dan J7 yang jelas meski dengan cahaya yang minim. Tentunya dengan kualitas resolusi HD (High Definition) termasuk beragam fitur yang mendukung menghasilkan foto terbaik.
www.samsung.com

www.samsung.com

  • Dengan fitur Smart Manager, memeriksa informasi baterai, status penyimpanan, status memori dan pengaturan keamanan kini semakin mudah.
www.samsung.com

  • Samsung Galaxy J5 dan J7 memiliki kapasitas baterai besar dengan  3100 mAh dan 3300 mAh. Keduanya bisa menunjang aktivitas sehari-hari tanpa harus kerepotan untuk recharge. Apalagi fitur Ultra Power Saving Mode semakin mendukung agar tetap aktif saat dibutuhkan.

  • Samsung Galaxy J5 dan J7 sudah dilengkapi RAM 2 GB dengan memori internal 16 GB serta bisa didukung memory eksternal hingga 128 GB. Sehingga tidak  lagi takut kehabisan memori saat memotret ataupun merekam video.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar